Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Menarik

Dalam menulis surat lamaran kerja, pastikan Anda mengedit surat lamaran Anda dengan cermat dan memeriksanya untuk kesalahan pengejaan dan tata bahasa sebelum mengirimkannya. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan beberapa tip cara menulis surat lamaran kerja yang menarik.

Tujuan dari menulis surat lamaran kerja baik dalam badan email ataupun dicetak dalam kertas adalah agar CV anda dibaca oleh recruiter.

Cara menulis surat lamaran kerja yang menarik :

1. Tentukan format surat lamaran yang sesuai. 

Biasanya, surat lamaran kerja dibuat dengan format kertas A4, huruf yang digunakan adalah Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12pt, dan margin 2,5 cm. Atau anda juga dapat menggunakan font lain,yang penting font tersebut adalah font yang regular seperti times new romans,arial,dsb.

2. Tuliskan alamat dan kontak informasi Anda di bagian atas surat. 

Cantumkan nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email yang dapat dihubungi. Jika tempat anda susah signal,maka siapkan nomor alternatif yang mudah dihubungi. misalnya nomor saudara Anda yang tinggal ditempat yang banyak signal. 

3. Tuliskan informasi perusahaan dan posisi yang Anda lamar di bawah alamat Anda. 

Cantumkan nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan alamat email perusahaan. Ingat! jangan sampai salah menuliskan nama perusahaan yang anda lamar. terkada ada lamarannya ke PT "A" namun ditujukanya ke PT "B".

4. Buat paragraf pembuka yang singkat dan menarik perhatian. 

Tuliskan siapa Anda dan tujuan Anda dalam melamar pekerjaan tersebut.

5. Tuliskan paragraf tentang pengalaman kerja dan kualifikasi yang dimiliki. 

Jelaskan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, serta kualifikasi dan kemampuan yang Anda miliki. Ini adalah bagian utama yang sangat penting agar lamaran Anda lolos screening. Sehinga pihak recruiter sudah tertarik dengan anda hanya dengan membaca sekilas bagian atas email/surat lamaran saja.

6. Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan dan posisi yang Anda lamar. 

Berikan alasan yang jelas dan terperinci mengapa Anda merasa cocok untuk perusahaan dan pekerjaan tersebut. Carilah berbagai keterkaitan Anda dengan posisi yang anda lamar,misalnya keterkaitan dengan pengalaman atau keterkaitan dengan pendidikan,atau juga keterkaitan dengan fashion anda.

7. Buat paragraf penutup yang profesional. 

Sampaikan apresiasi Anda atas waktu dan perhatian yang diberikan, dan sampaikan harapan Anda untuk dapat diundang ke tahap selanjutnya dalam proses rekrutmen.

8. Tandatangani surat lamaran dan cantumkan nama lengkap Anda di bawah tanda tangan.

Jangan lupan untuk menandatangani surat lamaran kerja Anda. Tanda tangan dapat berupa gambar tanda tangan yang discant,atau tanda berupa tangan digital,atau jika lamara di tulis di badan email,maka cukup tulis "Best regard" nama anda.


Contoh surat lamaran kerja :

[Alamat Anda]
[Alamat Email Anda]
[Nomor Telepon Anda]

[Alamat Perusahaan]
[Alamat Email Perusahaan]
[Nomor Telepon Perusahaan]

[Tempat dan Tanggal]

Kepada Yth.,

[Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,
Saya, [Nama Anda], mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai [posisi yang dilamar]. Saya tertarik dengan perusahaan ini karena reputasinya sebagai pemimpin di industri [industri yang dijalani perusahaan] dan saya yakin dapat memberikan kontribusi yang positif untuk perusahaan.

Saya memiliki pengalaman kerja [jumlah tahun] di bidang [bidang pekerjaan] dan telah terlibat dalam proyek-proyek yang sukses dalam bidang [bidang pekerjaan]. Saya juga memiliki kemampuan dalam [kemampuan yang relevan dengan pekerjaan], serta memiliki pengetahuan yang baik dalam [pengetahuan yang relevan dengan pekerjaan].

Saya tertarik dengan posisi ini karena [alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut]. Saya percaya bahwa pengalaman kerja saya dan keterampilan yang saya miliki akan memungkinkan saya untuk berkontribusi secara signifikan pada perusahaan.

Saya telah melampirkan CV saya yang menjelaskan pengalaman kerja saya secara lebih rinci. Saya sangat berharap untuk memiliki kesempatan untuk membicarakan lebih lanjut bagaimana saya dapat berkontribusi pada perusahaan Anda.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran saya. Saya siap untuk diwawancarai kapan saja. Mohon konfirmasi balik terkait lamaran saya.

Hormat saya,

[Your Name and Signature]


FAQ :

1. Lamaran kerja ditulis di email atau dilampirkan dalam email ?

Kalau saya sendiri biasanya dua-dua nya dilakukan. yaitu menulis di badan email dan juga melampirkannya dalam bentuk PDF. Kalau anda tidak dapat melampirkan surat lamaran,maka ditulis badan email saja sudah cukup.

2. Lamaran kerja ditulis tangan atau diketik ?

Lamaran kerja boleh ditulis tangan atau diketik,tergantung dengan persyaratan yang diminta dan ketersediaan alat  yang digunakan. Jika Anda tidak mempunyai komputer,maka surat lamaran kerja boleh ditulis tangan asal rapi.

3. Lamaran kerja bahasa Inggris atau bahasa Indonesia ?

Baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia dapat digunakan dalam surat lamaran kerja. Pilihan bahasa yang digunakan tergantung pada persyaratan perusahaan yang akan dilamar. 

Jika perusahaan memiliki keterampilan bahasa Inggris sebagai salah satu persyaratan, maka disarankan untuk menggunakan bahasa Inggris dalam surat lamaran kerja. Namun, jika perusahaan tersebut hanya membutuhkan kemampuan bahasa Indonesia, maka surat lamaran kerja dapat ditulis dalam bahasa Indonesia. 

Penting untuk mengikuti persyaratan perusahaan dan memastikan surat lamaran kerja ditulis dengan tata bahasa yang baik dan benar, serta terstruktur dengan baik.

Kalau saya sendiri biasanya tergantung  Bahasa iklan lowongan kerja, Jika iklannya berbahsa Inggis maka saya akan surat lamaran dalam bahasa Inggris, Begitu juga sebaliknya.

4. Jam berapa mengirim email lamaran kerja ?

Pengiriman surat lamaran kerja dapat dilakukan pada jam kerja normal yang berlaku di perusahaan atau organisasi yang dilamar. Biasanya, jam kerja normal di Indonesia dimulai dari pukul 08.00 atau 09.00 pagi hingga pukul 17.00 atau 18.00 sore pada hari Senin hingga Jumat. 

Oleh karena itu, disarankan untuk mengirim surat lamaran kerja pada jam kerja normal tersebut. Namun, jika perusahaan menerima lamaran kerja secara online, Anda dapat mengirimkan lamaran kapan saja selama Anda telah memastikan bahwa lamaran Anda telah lengkap dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan tersebut.


Penutup :

Nah itulah cara menulis surat lamaran kerja yang menarik. Semoga Anda dapat segera dipanggil interview dan mendapatkan pekerjaan yang di impikan.

Hanaka
Hanaka Paham Kesehatan, tertarik dengan Bisnis,Financial, Career Planning,Technology,Otomotif, Fashion & Beauty,Culinary.

Post a Comment for "7 Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Menarik"