Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menjawab Form Aplikasi lamaran pekerjaan


Dalam proses melamar pekerjaan kita pasti sering mengalami proses yang namanya pengisian Form Aplikasi. Biasanya tahapan ini dilakukan pada saat sebelum atau sesudah dipanggil interview. Bagi yang tidak terbiasa,ini adalah proses yang melelahkan. Apalagi kalau yang di isi banyak sekali.

Baru-baru ini saya mendapatkan form aplikasi yang harus diisi untuk sebuah posisi HRD di sebuah perusahaan kontraktor pembangkit listrik.dari beberapa pengalaman saya, ini adalah form yang cukup lengkap dan detail. Saya menghabiskan waktu lebih dari 3 jam untuk pengisianya sendiri.

Baiklah, disini saya akan share cara mengisi form aplikasi dengan tujuan untuk memudahkan anda jika mendapati kasus yang sama. Untuk bagian-bagianya sendiri pada umumnya setiap form aplikasi adalah tidak jauh berbeda.

Cara mengisi formulir lamaran kerja yaitu :

1.Mengisi bagian Identitas secara lengkap.
2.Mengisi bagian Keluarga.
3.Mengisi riwayat pendidikan dan pelatihan.
4.Mengisi riwayat pekerjaan lengkap beserta strutkurnya.
5.Mengisi bagian minat dan konsep Pribadi.
6.Mengisi aktifitas sosial dan kegiatan lainya.
7.Mengisi bagian lainya yang terdapat dalam form aplikasi

Contoh pengisian formulir lamaran kerja :

A. IDENTITAS

Nama Lengkap :
Tempat/Tgl Lahir :
Agama/Kepercayaan :
Kewarganegaraan :
Golongan Darah :
Jenis Kelamin :
Alamat:
Telepon :
Alamat Email :
Telepon :
Nomor KTP/SIM ID/Passport :
NPWP :
(Diisi dengan lengkap,terutama kontak yang aktif)

B. KELUARGA

1.Status Pernikahan :

2.Susunan Keluarga bila sudah menikah (Nama/Sex/Tgl Lahir/Pendidikan/Pekerjaan)
Istri/Suami
Anak I
Anak II
Anak III

3.Susunan Keluarga (Nama/Sex/Tgl Lahir/Pendidikan/Pekerjaan)
Ayah
Ibu
Saudara Kandung
Saudara Tiri
( Bila sudah meninggal dunia, sebutkan pendidikan dan pekerjaan ketika masa hidupnya, dan beri tanda ‘+’ dibelakang nama)

4. Alamat Orangtua :
Telepon :

5. Pada saat ini saudara tinggal di
Rumah Pribadi Personal Home
Rumah orang tua Parents Home
Rumah keluarga Family Home
Rumah yang dikontrak ( waktu, biaya kontrak ) Rp
Rumah pondokan / kost ( biaya pemondokan ) Rp

(Bagian ini diisi karena dapat menjadi pertimbangan)

C. RIWAYAT PENDIDIKAN SEJAK SMP/SMA

1. Pendidikan (Nama sekolah,Jurusan,Waktu)
(Diisi dengan pendidikan yang dimiliki)

2. Pelatihan (Junis kursus,tempat,periode)
(Diisi jika ada,karena dapat menjadi nilai tambah)

3. Apa yang menyebabkan saudara memilih pendidikan / jurusan tersebut?

LAPANGAN KERJA BAGI LULUSAN MANAJEMEN MASIH SANGAT BERAGAM
SEBAGAI BEKAL UNTUK MENGELOLA PERUSAHAAN SENDIRI/ ORANG LAIN

4. Tulis judul karya ilmiah, dan tahun yang pernah saudara buat (skripsi, artikel, buku, dll)
a.
b.

5. Mata pelajaran apakah yang paling saudara senangi ? Berapa nilai rata-rata ?

ILMU MANAJEMEN,KEUANGAN,PEMASARAN,SDM,OPERASIONAL. RATA-RATA NILAI B

6. Siapa yang selama ini membiayai pendidikan saudara ?

ORANG TUA & BEASISWA BUMN PEDULI PENDIDIKAN

7. Pengusaaan bahasa asing (Nama Bahasa dan Penilaian Tertulis dan Lisan 1-10)

8. Pendidikan lanjutan yang masih saudara harapkan saat ini ?
  • S2 HUKUM / SDM
  • PELATIHAN K3 & ISO
(Isilah dengan pendidikan/pelatihan yang menunjang posisi yang akan dilamar,hal ini menunjukan bahwa anda adalah orang yang ingin berkembang)

D. RIWAYAT PEKERJAAN

1. Riwayat Pekerjaan (Nama Perusahaan, Dari/Sampai Tahun,Jabatan)
Tips:
Untuk beberapa Formulir Aplikasi lamaran biasanya diminta menyebutkan Jumlah Gaji yang diterima dari perusahaan lama. Saran saya sebaiknya di kosongkan saja,ataupun jika di terpaksa di isi,maka isilah sedikit dibawah gaji yang di inginkan/diharapkan. Hal ini bertujuan agar anda lebih leluasa bernegosiasi jika lolos dalam proses recruitment. 

2. Berilah uraian pekerjaan dari jabatan yang pernah saudara jabat ?
  • MENGELOLA AKTIFITAS HRD DISELURUH SITE PERKEBUNAN DAN PERTAMBANGAN
  • BERSAMA ATASAN MENGATASI SETIAP PERMASALAHAN KETENAGAKERJAAN
  • MELAKUKAN PROSES RECRUITMENT & SELECTION
  • MENGELOLA GENERALIST AFFAIRS
  • MENGELOLA BPJS KETENAGAKERJAAN & BPJS KESEHATAN KARYAWAN
  • MEMPROSES REIMBURSEMENT, CUTI, DINAS
  • MEMPROSES ABSEN,PAYROLL & PPH21
  • Dll,SESUAI PERINTAH ATASAN
3. Siapa yang pernah menjadi atasan anda ?
  • xxxxxxxx (SPV HRD PT xxxxx)
  • xxxxxxxx (DIREKTUR HRD PT xxxxxxx)
Berapa banyak bawahan saudara ?
6 ORANG

4. Masalah penting apa saja yang pernah saudara hadapi dan bagaimana saudara mengatasinya ?
( dalam pekerjaan atau dalam hubungan dengan orang lain )
SUATU SAAT PERUSAHAAN KAMI MENGALAMI KONDISI KEUANGAN YANG SULIT SEMENTARA SALAH SATU PENGELUARAN YANG TINGGI ADALAH PADA BIAYA TENAGA KERJA. SAYA MENDISKUSIKAN KEPADA ATASAN UNTUK MELAKUKAN EFISIENSI BIAYA TENAGA KERJA DAN MANAJEMEN PUN MENNYETUJUINYA. KAMI BEKERJA SAMA DENGAN DEPARTEMEN OPERASIOANAL UNTUK MELAKUKAN PENGANGGARAN YANG TEPAT TERHADAP BIAYA TENAGA KERJA SEHINGGA TERCIPTA PENGURANGAN BIAYA TENAGA KERJA YANG CUKUP SIGNIFIKAN.

5. Pernahkah saudara melakukan perubahan/pembaharuan di perusahaanperusahaan terdahulu ? Perubahan/pembaharuan apa yang saudara lakukan?
 
SALAH SATU PERUBAHAN YANG PERNAH SAYA LAKUKAN ADALAH MENSERAGAMKAN LAPORANLAPORAN ANTAR DEPARTEMEN DAN MERAPIHKAN ARSIP ATAU DATADATA KETENAGA KERJAAN YANG SEBELUMNYA BERANTAKAN

6. Puaskah saudara terhadap kemajuan yang saudara capai pada pekerjaanpekerjaan terdahulu ? Mengapa ?

PUAS,KARENA DAPAT MEMBANTU DEPARTEMEN DAN PERUSAHAAN MENCAPAI KINERJA YANG BAIK

7. Menurut pendapat saudara, apa dan siapa yang paling utama mendorong saudara hingga sampai pada taraf kemajuan seperti sekarang ?

KELUARGA YANG SELALU MENDUKUNG KARIR, DAN ATASAN/ REKAN KERJA YANG MAU BERBAGI ILMU DAN MEMBANTU PEKERJAAN AGAR BERJALAN SUKSES

8. Bila saudara menghadapi persoalan dalam pekerjaan dan harus mengambil keputusan, apa yang saudara lakukan ?

BERFIKIR DAN MENCARI SOLUSI SECARA CEPAT UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH LALU MENGAMBIL KEPUTUSAN TERBAIK DENGAN MEMPERTIMBANGKAN AKIBAT BAIK DAN BURUKNYA

9. Bila saudara menghadapi persoalan pribadi/pekerjaan, dengan siapakah biasanya saudara berunding ?
BERDISKUSI DENGAN PARTNER KERJA, KELUARGA, DAN ORANGTUA

E. MINAT DAN KONSEP PRIBADI

1. Faktor faktor apakah yang mendorong saudara ingin bekerja ?

SAYA SELALU TERMOTIVASI UNTUK BEKERJA DI POSISI APAPUN UNTUK MENJADI YANG PALING UNGGUL DAN SUKSES. DARI SITU SAYA MENDAPATKAN KEPUASAN TERSENDIRI

2. Mengapa saudara ingin bekerja di perusahaan kami ?

PEKERJAAN YANG DITAWARKAN SESUAI DENGAN PENGALAMAN KERJA SAYA. DENGAN DEMIKIAN, SAYA DAPAT MEMBERIKAN KONTRIBUSI DALAM MEMAJUKAN PERUSAHAAN.

3. Apa yang saudara ketahui mengenai perusahaan kami ?

PT xxxxx ADALAH SALAH SATU PERUSAHAAN TERKEMUKA SEBAGAI PENYEDIA PEMBANGKIT LISTRIK JANGKA PENDEK HINGGA MENENGAH DAN INTEGRATOR,DISTRIBUTOR SISTEM GENSET TERBAIK. VPOWER MEMBERIKAN SOLUSI YANG CEPAT,HEMAT DAN DAPAT DIANDALKAN BAGI PEMENUHAN KEBUTUHAN ENERGI YANG RAMAH LINGKUNGAN.

4. Berapa gaji minimal yang saudara inginkan ?

SAYA BERHARAP MEMPEROLEH GAJI SEBESAR RP. 6 JUTA
(Isi sesuai yang anda inginkan,misalnya menaikan gaji dari perusahaan lama sebesar 30%) 

5. a. Fasilitas fasilitas yang diinginkan disamping gaji :

JAMINAN KESEHATAN & BPJS KETENAGEKERJAAN, BONUS, TUNJANGAN MAKAN DAN TRANSPORT, TUNJANGAN PERJALANAN DINAS DAN PENGEMBANGAN KARIR

b. Kapan saudara mulai dapat bekerja ?
SAYA BISA LANGSUNG BEKERJA DI PERUSAHAAN INI DENGAN SEGERA

6. Berikan nomor secara berurutan bagi jenis / sifat / macam pekerjaan yang saudara senangi?
Jenis Pekerjaan No. Jenis Pekerjaan No.
  • Production 6 Marketing / Sales 2
  • Service / Maintenance 7 Finance 5
  • Engineering 11 Accounting / Pembukuan 8
  • PPC (Production Planning & Control 12 HRD / Personnel / GA 1
  • IT (Information Technology) 9 Training / Instruktur 3
  • Corporate Secretary / Legal 4 Logistik / Procurement 10
7. Apa yang saudara lakukan untuk dapat menduduki jabatan yang saudara inginkan ?

MENINGKATKAN KINERJA YANG BAIK, MENINGKATKAN SKILLL DAN KEMAMPUAN, TIDAK MUDAH MENYERAH DAN OPTIMIS HARUS BISA MENDAPATKAN JABATAN TERSEBUT.

8. Lingkungan pekerjaan yang disenangi: Pabrik / Kantor / Lapangan / Laboratorium, Mengapa ?

PADA DASARNYA DILINGKUNGAN MANAPUN SAYA MENYUKAINYA
(Jawablah sesuai dengan posisi yang dilamar,atau bisa memakai jawaban netral seperti diatas)

11. Apa citacita hidup saudara ?

SAYA BERHARAP DAPAT BERTAHAN SELAMA MUNGKIN DIPERUSAHAAN INI,MEMBERIKAN KONTRIBUSI YANG TERBAIK SERTA DAPAT MEMBAWA PERUBAHAN.

12. Rencana saudara untuk mencapai citacita tersebut ?

BEKERJA KERAS,SABAR DAN FOKUS PADA TUJUAN

13. Type orang yang bagaimana yang paling saudara senangi ?

BERTANGGUNG JAWAB,TIDAK MUDAH MENYERAH, OPTIMIS , POSITIVE THINKING, EMPATI & TULUS.

14. Type orang yang bagaimana yang tidak saudara senangi ?

TIDAK BERTANGGUNG JAWAB,MALAS , PESIMIS & KERAS KEPALA
.
15. Terhadap halhal apakah saudara paling sulit untuk mengambil keputusan ?
  • JIKA TIDAK CUKUP BAHAN / INFORMASI DAN DUKUNGAN
  • JIKA ADA KONFLIK KEPENTINGAN
  • JIKA TIDAK TERSEDIA ATURAN DAN PROSEDUR (SOP) YANG JELAS

F. AKTIVITAS SOSIAL DAN KEGIATANKEGIATAN LAIN

1. Sebutkan nama kenalan saudara di perusahaan kami ? ( Nama, Alamat/ No. Telepon )
TIDAK ADA

2. Siapakah refrensi saudara di luar perusahaan kami ? ( Nama, Alamat/ No. Telepon )
  • xxxxxx ,STAFF HRD PT xxxxx,DKI JAKARTA, HP: 0813xxxxxxxx
  • xxxxxxx,STAF HRD PT xxxxx,DKI JAKARTA ,HP: 0896xxxxxxxxx
3. Apakah hobby / kegemaran saudara ?
MEMBACA,MENULIS BLOG DAN OLAHRAGA

4. Bagaimana cara saudara mengisi waktu luang?
JALAN-JALAN (REKREASI) DAN OLAHRAGA (LARI)

5. a. Surat kabar, majalah atau bukubuku apakah yang sering saudara baca ?
PORTAL BERITA ONLINE (DETIK.COM,KOMPAS.COM ,CNN,DSB) 

b. Pokokpokok / topic apakah yang paling saudara senangi ?
PENGEMBANGAN DIRI, TEKNOLOGI, MILITER, POLITIK & OLAHRAGA

6. Apakah saudara pernah keluar negeri, kapan dan untuk keperluan apa ?
TIDAK PERNAH

7. Apakah saudara memiliki kendaraan ? ( sebutkan jenisnya )

SEPEDA MOTOR

8. Organisasi organisasi apakah yang pernah saudara masuki ? apakah jabatan saudara di organisasi tersebut ? berapa lama ?

G. LAIN-LAIN

a. Faktor faktor apakah yang saudara rasakan sebagai kelebihan ( strong poin ) pada diri saudara ?
  • SAYA BEKERJA DENGAN PRINSIP MENJUNJUNG TINGGI KEJUJURAN
  • SAYA SEORANG PEKERJA KERAS DAN BISA DIANDALKAN DISETIAP TUGAS PEKERJAAN
  • SAYA BISA BEKERJA SECARA MANDIRI DAN BISA JUGA BEKERJA DI DALAM TEAM
b. Faktor faktor apakah yang saudara rasakan sebagai kekurangan ( weakness point ) pada diri saudara ?
  • SAYA SULIT MENGHAFAL PERATURAN/UNDANGUNDANG TENAGA KERJA SEHINGGA SAYA SUKA MEMBAWANYA KEMANAMANA
  • SAYA SUKA AMBISIUS DAN TIDAK SABAR UNTUK MENYELESAIKAN PEKERJAAN SEHINGGA KADANG LUPA WAKTU UNTUK ISTIRAHAT/MAKAN SIANG
  • KADANG SAYA TERLALU PERFEKSIONIS SEHINGGA KADANG REKAN KERJA SAYA SULIT MENGIMBANGI
(Jawaban seperti merupakan kekurangan tapi sebenarnya bersifat positif)

c. Apakah saudara pernah menderita sakit yang lama sembuh ( lebih dari 1 bulan ) : pernah /tidak Jika pernah sebutkan nama penyakitnya:
TIDAK PERNAH

3. Apakah ada gangguan jasmani yang tetap / yang sering mengganggu saudara ? sebutkan?
TIDAK ADA

4. Apakah ada keluarga saudara yang sering mendapat gangguan kesehatan ? sebutkan?
TIDAK ADA GANGGUAN YANG SERIUS

Agar lebih jelas tentang cara mengisi formulir aplikasi lamaran kerja. Silahkan dilihat di Video dibawah ini:




Hanaka
Hanaka Paham Kesehatan, tertarik dengan Bisnis,Financial, Technology,Otomotif, Fashion & Beauty,Culinary.

3 comments for "Cara menjawab Form Aplikasi lamaran pekerjaan"

  1. Ceritakan pandangan/kesan Anda terhadap perusahaan tersebut di atas! ... kasih tau donk jawban ya ang di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ceritakan hal-hal yang positif saja ya,jangan menceritakan kejelekan karena ditakutkan recruiternya berfikiran bahwah perusahaanya juga nanti akan dijelek-jelekan oleh kandidat tersebut jika diterima bekerja.

      Delete